Pilihan Lokasi Wisata Kekinian Buat Lo Yang Mau Menjelajah Jakarta

https://www.mldspot.com/sites/default/files/field/image/Museum-Macan.jpg

Ibukota punya segudang hal yang ditawarkan buat lo. Meski sibuk, selalu ada aja tempat buat pelarian sejenak dari rutinitas tanpa harus jauh-jauh ke luar kota, ngorbanin waktu, tenaga, dan uang. Yah, mau gimana lagi, warga Jakarta juga butuh piknik, kan, biar otot dan otak enggak tegang terus dan bisa santai kayak lagunya Om Haji Roma Irama.

Saking banyaknya, pilihan aktivitas di Jakarta ini juga bisa lo sesuaikan sama bujet lo. Kalau lo tipe irit, lo mampir aja ke museum, jalan-jalan ke Monas, wisata ke Kota Tua, atau bisa juga mampir ke Pasar Tanah Abang buat belanja baju murah. Tapi, kalau bujet lo lebih, lo bisa banget mall hopping, nongkrong di café atau bar, sampai staycation di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta.

Yap, misalnya aja abis pulang kantor hari Jumat, lo janjian sama teman lama lo di Grand Indonesia atau Plaza Indonesia. Nongkrong bentar, lo capek mau balik jalanan masih macet. Akhirnya, lo liriklah hotel di dekat situ yang oke banget buat staycation ampe besok siang. Lihat-lihat ulasan dari para pelancong, eh ketemulah Mandarin Oriental yang lokasinya di kawasan Bundaran HI situ. Review Mandarin Oriental Hotel Jakarta positif banget, khususnya terkait kebersihan, kenyamanan, dan keramahan pelayanannya. Melihat review Mandarin Oriental Hotel Jakarta, lo pun memilih buat staycation dengan harga mulai dari Rp3 juta per malam.

Kalau lo banyak duit, staycation ala sultan gitu bisa lo lakukan. Tapi, kalau bujet lo sedang-sedang aja, lo juga tetap punya banyak pilihan, kok. Ditambah lagi buat lo yang suka sesuatu yang lagi happening banget, Jakarta selalu punya hal baru yang hype-nya bertahan lama. Nah, lo bisa jadiin tempat-tempat kekinian di Jakarta ini buat pilihan wisata akhir pekan, nih. Meski lo datang jauh-jauh dari luar kota pun, kunjungan lo ke tempat-tempat kekinian ini enggak bakal bikin lo menyesal.

Biar lo enggak penasaran, langsung aja simak daftarnya di bawah ini.

Museum Macan

Mungkin nama Museum Macan udah enggak asing lagi di telinga lo. Dibuka sejak November 2017, Museum Macan hits banget pada 2018 kemarin setelah menggelar pameran seni instalasi Yayoi Kusama yang berjudul “Life Heart Rainbow”. Itu, loh, infinity mirrored room dengan neon bulat warna-warni di dalamnya yang jadi spot foto yang Instagramable banget. Yap, sejak saat itu, nama Museum Macan masih terus bergaung sampai sekarang.

Museum Macan sendiri sebenarnya adalah akronim dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara alias Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara. Koleksi Museum Macan ini emang beragam banget, enggak cuma terbatas kepada lukisan-lukisan kontemporer. Ada juga seni instalasi menggunakan berbagai media kayak infinity mirrored room-nya Yayoi Kusama. Ada juga seni pertunjukan kayak yang lagi digelar sekarang, yaitu “Seven Stories”-nya Lee Mingwei, sebuah seni pertunjukan dengan 7 pertunjukan utama dan seni instalasi partisipatif.

Museum Macan ini hits enggak cuma karena Instagramable banget, tapi juga karena ratusan koleksinya yang berharga banget, dikumpulkan oleh sang pemilik yang merupakan pebisnis besar Indonesia, Haryanto Adikoesoemo, dari berbagai penjuru dunia. Nah, buat menikmatinya, lo perlu sedia dana Rp100.000 per orang. Cukup mahal, ya, buat masuk museum berisi galeri seni berlokasi di Kebon Jeruk ini. Tapi, worth itbanget, kok, sama pengalaman yang bisa lo dapatkan.

Museum di Tengah Kebun

Masih ngomongin museum, Jakarta ternyata punya museum-museum yang dikelola pihak swasta (bukan milik pemerintah) yang kece banget. Museum di Tengah Kebun mungkin enggak sepopuler Museum Macan, tapi koleksinya enggak kalah, loh. Pada 2013, Museum di Tengah Kebun jadi Museum Swasta Terbaik di Museum Awards dengan koleksi dari 63 negara dan 26 provinsi di Indonesia. Museum ini punya tongkat yang pernah dipakai Napoleon Bonaparte, kursi malas dari zaman Dinasti Qing, sampai lukisan Raja Wilhelm dari Jerman. Koleksi Nusantara-nya pun enggak kalah menarik, ada arca Ganesha yang dipahat pada tahun 800-an di Jawa Tengah, gamelan Jawa Timur yang dibuat akhir tahun 1800-an, sampai benda-benda dari kuburan Toraja!

Uniknya, museum ini dahulunya merupakan rumah milik sang kolektor, Sjahrial Djalil, yang merupakan tokoh periklanan modern Indenesia. Jadi, masuk ke sini, lo serasa masuk ke rumah. Bahkan, bangunannya aja dibuat dari benda bersejarah, loh. Kalau lo tipe yang suka menikmati seni dengan khusyuk, lo bisa ke Kemang aja, ke Museum di Tengah Kebun di Jalan Kemang Timur Raya No. 66.

Oh ya, Museum ini cuma buka Sabtu dan Minggu aja. Buat ke sini, lo perlu menghubungi pihak museum dulu dan bikin janji, minimal ada 7 orang pengunjung dan maksimal 12 orang dalam sekali kunjungan. Kunjungan pun cuma dibuka dua kali sehari, yaitu pagi dan siang hari. Dan lo enggak dipungut biaya apa pun buat mengagumi berbagai koleksi di museum ini.

Bianglala J-Sky, AEON Mall

Udah ngomongin museum dan seni, sekarang ada lagi, nih, yang kekinian juga, yaitu Bianglala J-Sky di AEON Mall Cakung, Jakarta Timur. Katanya, ini merupakan bianglala tertinggi di Indonesia, loh. Tingginya mencapai 69 meter dan lokasinya ada di lantai 3 AEON Mall. J-Sky Ferris Wheel ini bukan yang pertama di Asia. Bianglala ini udah berorperasi juga di Filipina dan tentunya juga di Jepang yang merupakan negara asal sang kontraktor bianglala.

Enggak perlu khawatir soal keamanannya, soalnya pengelolanya udah berpengalaman banget di dunia industri taman hiburan. Paling asyik, sih, naik bianglala J-Sky Ferris Wheel ini saat matahari terbenam, ya. Atau bisa juga pada malam hari buat nikmatin pemandangan ibukota yang dihiasi lampu.

Bianglala ini bisa lo naiki setiap hari, dengan Minggu—Kamis mulai 10.00—22.00 WIB dan Jumat—Sabtu mulai 10.00—24.00 WIB. Punya 32 gondola, buat menaikinya lo perlu menyiapkan bujet Rp50 ribu per orang dan Rp160 ribu buat pasangan per gondola. Kalau lo datang sama keluarga, lo bisa beli tiket VIP-nya aja buat 6 orang dalam satu gondola seharga Rp350 ribu. Buat anak kecil dengan tinggi di bawah 90 cm masih gratis, kok. Dan kerennya, ada gondola khusus buat pengunjung berkebutuhan khusus juga, loh!

Gimana setelah lihat rekomendasi di atas? Masih kurang puas? Sebetulnya masih ada lagi tempat hits kekinian lainnya di Jakarta yang bisa jadi pilihan. Kalau lo suka seni dan pengin dapetin foto-foto kece, lo bisa ke Galeri Nasional atau Ciputra Artpreneur. Kalau lo pengin bertamasya bareng keluarga atau teman lihat hewan-hewan laut, lo bisa ke Jakarta Aquarium yang ada di NEO SOHO Podomoro City Mall, Jakarta Barat.

Others

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*